Somatua Training Center (STC) kembali mengadakan pelatihan kerja untuk siswa training yang telah memenuhi syarat administrasi pada awal tahun 2024 ini. Pelatihan terakhir dilaksanakan pada pertengahan Desember 2023 dalam kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Intan Jaya yang meluluskan enam peserta pada program pelatihan konstruksi. Selepas pelatihan tersebut, Somaua Training Center memasuki masa evaluasi dan persiapan training tahun 2024. Oleh karena itu Somatua Training Center melanjutkan pendaftaran untuk calon peserta pada minggu pertama Januari 2024. Dari pembukaan kembali pendaftaran ini terdapat 12 orang peserta yang siap mengikuti pelatihan yang akan berlangsung selama sebulan.

Pada Jumat (12/1/2024) para calon siswa training menerima Alat Pelindung Diri (APD) dari Somatua Training Center sebagai prosedur awal mengikuti pelatihan yang dimulai pada hari ini (15/1/2024). Seluruh peserta (12 orang) hadir pada hari pertama training yang diisi dengan pengenalan institusi dan beberapa materi dasar seputar safety atau kesehatan dan keselamatan kerja. Para siswa training perdana tahun 2024 ini mengambil kosentrasi pada tiga program berbeda, yakni operator excavator, safety, dan pengelasan (welding). Peserta training operator excavator berjumlah tujuh orang, sedangkan safety (K3) tiga orang pesesrta dan pengelasan dua orang.

Sebagaimana kegiatan training reguler sebelumnya, pelatihan ini akan berlangsung dengan porsi teori dan praktek dengan menitikberatkan pada aktivitas praktik di lapangan. Di antara para peserta terdapat dua peserta wanita yang mengikuti training safety. Sayangnya pada pelatihan awal tahun 2024 atau intake 15 ini peserta Orang Asli Papua masih tergolong minim. Di antara siswa training intake 15 terdapat tiga orang peserta asli Papua. Somatua Training Center terus berkomitmen akan melibatkan lebih banyak peserta Papua, baik Tujuh Suku maupun suku Papua lainnya. Training ini akan berlangsung satu bulan ke depan sebagai program reguler. Sementara itu, Somatua Training Center tetap membuka pendaftaran untuk intake selanjutnya yang akan berlangsung pada bulang Februari setelah Pemilu 2024.(TIMSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories