Somatua Training Center (STC), lembaga pelatihan kerja yang berlokasi di Timika, Papua Tengah, kembali memulai kelas praktek di lapangan untuk peserta training jurusan K3 umum dan operator excavator. Kelas praktek ini dimulai pada hari Kamis, 18/1/2023 hingga saat ini.

Peserta training jurusan K3 umum berjumlah 2 orang, sedangkan peserta training operator excavator berjumlah 8 orang. Peserta-peserta tersebut berasal dari Kota Timika. Kelas praktek di lapangan ini merupakan bagian dari kurikulum pelatihan di Somatua Training Center. Kelas ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta training dalam mengoperasikan alat berat dan menerapkan prinsip-prinsip K3.

Untuk kelas K3 umum, peserta akan mempelajari materi-materi seperti keselamatan kerja di industri, pencegahan kecelakaan kerja, dan penanganan darurat. Peserta juga akan melakukan praktik langsung dalam menggunakan peralatan keselamatan kerja, seperti helm, kacamata keselamatan, dan sepatu keselamatan di lingkungan kerja Bengkel Somatu Training Center.

Sementara itu, untuk kelas operator excavator, peserta akan mempelajari materi-materi seperti pengenalan alat berat, cara mengoperasikan alat berat, dan pemeliharaan alat berat. Peserta juga akan melakukan praktik langsung dalam mengoperasikan excavator untuk berbagai pekerjaan, seperti menggali tanah, memuat material, dan memindahkan material.

Kelas praktek di lapangan ini dipandu oleh instruktur-instruktur yang berpengalaman dan kompeten. Instruktur-instruktur tersebut akan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peserta agar dapat mengoperasikan alat berat dengan aman dan efektif.

Peserta training jurusan K3 umum dan operator excavator sangat antusias mengikuti kelas praktek di lapangan. Mereka berharap dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk meningkatkan karier mereka di bidang konstruksi dan pertambangan.

“Saya sangat senang bisa mengikuti kelas praktek di lapangan. Saya bisa belajar langsung cara mengoperasikan alat berat dengan aman dan efektif,” ujar salah satu peserta training jurusan operator excavator.

“Kelas praktek ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya bisa mengaplikasikan pengetahuan yang saya pelajari di kelas teori,” ujar salah satu peserta training jurusan K3 umum.

Somatua Training Center akan terus memberikan pelatihan yang berkualitas kepada peserta training. Somatua Training Center berharap, dengan adanya pelatihan yang berkualitas, dapat meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Papua dan meningkatkan perekonomian Papua.(TIMSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories