Sejumlah pejabat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan berkesempatan meninjau fasilitas pelatihan Somatua Training Center dalam kunjungan mereka ke Timika. Rombongan didampingi langsung oleh Ketua Yayasan Somatua, Maximus Tipagau pada Rabu 24/1/2024.

Dalam kunjungan ini rombongan melakukan tour ke sejumlah fasilitas pelatihan yang digunakan oleh Lembaga Pelatihan Kerja Somatua Training Center (STC). Kunjungan diawali dari fasilitas pelatihan yang ada di gedung utama Somatua Training Center di jalan Cendrawasih KM 3,5 Timika. Di site ini rombongan mendapat penjelasan dari Maximus Tipagau selaku pimpinan Yayasan Somatua mengenai proses pelatihan (training) dan peralatan pendukung yang tersedia. Rombongan yang terdiri atas sejumlah kepala dinas, antara lain Bappeda, Pemadam Kebakaran, Pekerjaan Umum dan beberapa yang lain mengikuti dengan perhatian dan antusiasme tinggi.

Selain itu, rombongan juga memantau ruang kelas teori yang terletak di lantai dua gedung Somatua Training Center sekaligus melihat proses pelatihan keterampilan safety yang sedang berlangsung. Setelah melakukan sesi foto bersama, masih didampingi Maximus Tipagau, rombongan bergerak ke area praktek siswa operator excavator di belakang Perumahan Pemda, Jalan Cenderawasih, Timika. Di site ini rombongan yang terdiri atas iring-iringan hampir sepuluh mobil itu hanya bergerak mengitari area kantor PT Mpaigelah dan shop yang juga merupakan lokasi praktek siswa training untuk program pelatihan operator excavator dan teknik pengelasan.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju gedung Balai Latihan Kerja yang terletak di jalan Heatubun. Fasilitas ini akan dimanfaatkan Somatua Training Center sebagai pusat pelatihan dan barak bagi para siswa training yang berasal dari luar Mimika. Maximus Tipagau menjelaskan denga rinci rencana pelaksanaan training di Somatua Training Center yang cukup menarik atensi para pejabat lingkup Provinsi Papua Pegunungan yang turut serta dalam rombongan. Mereka antusias menerima ide ini sebagai salah satu solusi pengembangan Sumber Daya Manusia Papua di Papua, secara khusus di 8 kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan. Diharapkan dari kunjungan dan pembicaraan Pemda Provinsi Papua Pegunungan dan Yayasan Somatua akan segera tertuan dalam Perjanjian Kerja Sama untuk melatih para kandidat dari salah satu provinsi baru ini.

Setelah touring dan meninjau fasilitas pelatihan Somatua Training Center, rombongan santap siang bersama sebelum bertolak ke SP 1 menyaksikan tim sepak bola dan futsal Pra-PON Provinsi Papua Pegunungan yang berlaga di stadion Wania Imipi, SP 1 Timika.(TimSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories