Somatuatrainingcenter.com – Somatua Training Center, yang didirikan berdasarkan kalender Akademik STC, menyusun jadwal yang mencakup berbagai pelatihan terkait keamanan dan keselamatan kerja. Salah satu kegiatan yang menjadi rutinitas dalam jadwal ini adalah praktek lapangan terkait pemadam kebakaran, yang dilakukan untuk menerapkan penerapan Safety K3 dalam suatu perusahaan atau lembaga. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencegah terjadinya insiden kebakaran dengan mempersiapkan peserta pelatihan dalam menghadapi situasi darurat ini.

Subhana, salah satu instruktur Safety K3 di Somatua Training Center, menjelaskan kepada peserta pelatihan pentingnya pemahaman tentang penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). “Ketika ada insiden kebakaran terjadi, memiliki pengetahuan tentang cara menggunakan APAR merupakan hal yang sangat penting. Biasanya alat ini sudah disiapkan di area perusahaan, mall, atau hotel untuk mengatasi situasi darurat seperti kebakaran. Untuk itu, keselamatan dan keamanan menjadi perhatian utama bagi kehidupan manusia,” ungkap Subhana.

Somatua Training Center Gelar Latihan Rutin Safety K3 APAR

Pelatihan di Somatua Training Center dirancang secara profesional dan komprehensif untuk memastikan peserta mendapatkan pemahaman yang baik tentang Safety K3 dan keterampilan dalam penggunaan APAR. Para instruktur berpengalaman di bidang ini akan membimbing peserta dalam mengenali berbagai jenis pemadam kebakaran, serta memberikan pengetahuan tentang tindakan yang tepat dalam situasi darurat.

Selain pengenalan tentang peralatan pemadam kebakaran, peserta juga akan mempelajari berbagai aspek keamanan dan keselamatan dalam lingkungan kerja. Mereka akan diajari tentang pentingnya memiliki pengetahuan tentang risiko kebakaran yang ada di tempat kerja, serta prosedur pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga lingkungan kerja yang aman dan bebas dari bahaya kebakaran.

Salah satu aspek penting yang diajarkan dalam pelatihan Safety K3 adalah identifikasi risiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja peserta. Para peserta diajarkan untuk mengidentifikasi potensi sumber api di sekitar mereka dan untuk mengetahui faktor-faktor yang meningkatkan risiko kebakaran seperti penyimpanan bahan mudah terbakar yang berlebihan, instalasi listrik yang buruk, dan pelanggaran tata tertib keamanan. Dengan memahami faktor-faktor ini, peserta akan dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mengurangi risiko kebakaran.

Fokus Somatua Training Center

Somatua Training Center Gelar Latihan Rutin Safety K3 APAR

Selain itu, pelatihan juga mencakup pemahaman tentang tindakan evakuasi dalam situasi darurat. Peserta akan diajarkan tentang pentingnya memiliki perencanaan evakuasi yang baik dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan untuk menghindari dan mengobati insiden kebakaran. Mereka akan belajar tentang jalur evakuasi yang aman, titik pertemuan yang ditentukan, dan cara menghindari rute yang mungkin terhalang. Pemahaman ini akan membantu peserta untuk merespons dengan cepat dalam situasi darurat dan memastikan keselamatan diri dan orang lain.

Setelah mempelajari teori dan praktik yang terkait dengan Safety K3 dan pemadam kebakaran, peserta akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan simulasi kebakaran di lingkungan yang dikontrol. Ini bertujuan agar peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi yang realistis. Peserta akan membawa APAR dan menggunakan mereka untuk memadamkan api yang ada di dalam lingkungan simulasi tersebut. Dengan melakukan tindakan ini, peserta akan mampu meningkatkan kepercayaan diri mereka dan memastikan bahwa mereka dapat bertindak dengan efektif jika terjadi insiden kebakaran.

Selama simulasi, instruktur akan terus memberikan arahan dan umpan balik kepada peserta. Ini penting untuk membantu peserta memahami dan memperbaiki keterampilan mereka dalam menggunakan APAR. Setelah melakukan simulasi, peserta akan dievaluasi oleh instruktur untuk melihat kemajuan yang mereka capai dan saran-saran yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Evaluasi ini membantu peserta memahami area yang perlu diperbaiki dan meningkatkan praktik mereka dalam pencegahan kebakaran.

Dengan mengikuti pelatihan Safety K3 di Somatua Training Center, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat berharga dalam menjaga keselamatan dan keamanan di tempat kerja. Mereka akan belajar untuk mengidentifikasi risiko kebakaran, mengambil tindakan pencegahan yang tepat, dan merespons dengan cepat jika terjadi insiden kebakaran. Semuanya ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kehidupan manusia dalam lingkungan kerja.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories