Setelah melalui beberapa waktu dengan terlibat dalam proses pengerjaan atau pembangunan fasilitas dan infrastruktur training dan mengikuti teori dalam kelas, pada hari ini (Sabtu, 4 Juni 2022) siswa training STC mengikuti ujian akhir. Kegiatan yang mereka ikuti, baik pemberian teori dalam kelas dan praktek lapangan di area proyek pembangunan gedung STC di belakang Perumahan Pemda dan pembangunan tambahan fasilitas ruangan merupakan kesempatan mengasah kemampuan mereka dalam bidang konstruksi (pembangunan). Dalam kesempatan ini pula para siswa menerapkan safety K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Semua praktek yang dilakukan di lapangan tersebut berdasarkan pada pembelajaran yang diberikan oleh instruktur konstruksi di kelas yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat dan Sabtu sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh tim STC.

Hari ini merupakan kesempatan di mana mereka akan menuangkan isi pikiran mereka, apa yang selama ini mereka terima di dalam kelas dan diterapkan di lapangan melalui ujian akhir.

“Hari ini merupakan ujian buat siswa yang telah mengikuti training selama ini. Jadi, tidak ada yang duduk berdekatan, harus ada jarak supaya jangan saling berbagi jawaban kepada teman lain. Ini ujian akhir. Ada 2 jenis soal yang kita bagikan yaitu soal ujian tentang Safety K 3 dan soal tentang Konstruksi. jadi jadi, tim akan membagikan soal ujian tentang Safety K3, setelah itu barulah soal tentang kontruksi, agar kalian tidak keliru dalam menjawab soal yang diberikan,” tegas Ibu Berliana Mirino dari tim STC sambil membagikan soal ujian.

“Untuk ujian hari ini, saya dapat menjawab dengan lancar. Materi yang ditanyakan adalah apa yang kita pelajari di kelas, materi yang diberikan oleh intruktur tentang Safety K3, dan kita menerapkannya di lapangan, itulah yang keluar soal ujian kita. Contohnya bagaimana ketika kita bekerja pada suatu proyek pembangunan gedung; di atas ketinggian bangunan yang kita kerjakan perlengkapan safety apa yang harus kita gunakan, Dan saya menjawab sepatu, helm, rompi kacamata, dan yang terpenting body harness. Dan itu memang benar kita harus menggunakan pengaman, untuk keselamatan kita, ya seperti apa yang kita kerjakan di lapangan selama ini. Itulah yang kita jawab di soal ujian hari ini. Soal ujian yang diberikan tidak keluar dari materi dan praktek yang telah diajarkan dan kerjakan di lapangan,” ungkap Apelau Alom, salah satu siswa training peserta ujian.

Soal yang diberikan terdiri dari dua bidang yakni Safety K3 dan konstruksi. Hal ini yang membuat siswa harus memilih sertifikat apa yang akan mereka peroleh, apakah Safety K3 atau Konstruksi. Pilihan inilah yang akan menjadi kebutuhan siswa dan tujuan mereka dalam mengikuti training di STC.

Ujian akhir diselenggarakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman para siswa training terhadap materi yang telah diperoleh baik teori di dalm kelas maupun praktek di lapangan. Ujian akhir merupakan parameter yang menentukan dalam menyatakan siswa telah tuntas dalam mengikuti training atau belum.

Penulis: Emanuel

Foto: Emanuel

Previous
Next
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

#Home #YayasanSomatua    #PT Mpaigelah  #MGP

Categories:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories