Somatua Training Center (STC) telah  berjalan kurang lebih dua tahun sejak 2020. Sudah banyak lulusan yang dihasilkan dan bekerja di berbagai perusahaan dan daerah. Sebagai salah satu lembaga pelatihan yang serius membantu pengembangan SDM Papua, STC terus berbenah dalam berbagai aspek; salah satunya penguatan kapasitas lembaga melalui proses, standarisasi kurikulum yang mengacu pada SKKNI, penetapan kompetensi sesuai dengan kebutuhan user, dan saat ini STC menuju akreditasi. 

Oleh karena itu, pada hari (Kamis, 16/06/2022) STC mendapat kunjungan atau visitasi dari tim asesor yang akan melaksanakan tugas visitasi selama tiga hari di STC. Tim asesor yang hadir pada kesempatan ini adalah Ibu Jumik Wiyono (Asesor dan Ketua Komite Akreditasi LPK Provisni Papua)  dan Bapak Roberto Sinto (Asesor dan Anggota Komite Akreditasi LPK Provisni Papua). Kehadiran tim asesor disambut meriah di Somatua Training Center dengan menampilkan tarian penjemputan dari Sanggar Tari GKI Kanaan, Timika.

Hadir pula pada kesempatan pembukaan visitasi asesor untuk STC ini adalah Plh. Sekda Mimika, Kapolres Mimika, dan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Mimika.  Tamu undangan lain yang turut serta mengikuti acara ini antara lain perwakilan dari beberapa bank di kota Timika seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Bank Papua. Selain itu, tokoh agama seperti Ketua GKII Wilayah II Pegunungan Tengah dan utusan dari Paroki Kristus Raja (Katedral Timika), dan pengguna jasa lulusan STC seperti PT Trakindo dan PT KPI juga mengambil bagian dalam acara pembukaan ini.

Maximus Tipagau dalam sambutannya menjelaskan bahwa lembaga ini hadir terutama membantu orang Papua, baik Amungme dan Kamoro di Mimika, maupun suku-suku lain yang tergabung dalam Tujuh Suku ataupun suku Papua lainnya. Membantu masyarakat Papua adalah misi utamanya dalam mendirikan lembaga pelatihan yang disebutnya sebagai “Sekolah Orang Dewasa”. Membekali orang dengan keterampilan kerja jauh lebih bermanfaat dari pada memberikan mereka uang. Ia menegaskan bahwa Somatua Training Center tidak dapat berjalan sendiri. Kerja sama dan batunan dari pihak lain seperti pemerintah, gereja, lembaga adat, perusahaan atau kontraktor dan pihak swasta lainnya sangat diperlukan. Ia berterima kasih kepada para asesor dan seluruh tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada kesempatan ini.

Pada hari ke dua (Jumat/ 17/06/2022) digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi untuk seluruh staf administrasi dan instruktur STC. Bimtek berlangsung selama sehari dengan dengan membahas delapan standar yang harus dipenuhi oleh sebuah lembaga pelatihan agar terakreditasi. Pada hari yang sama, kedua asesor melanjutkan pemeriksaan dokumen dan mewawancarai para instruktur dan staf STC. Pemeriksaan dokumen dan perbaikan bahkan dilanjutkan sampai malam hari.

Pada hari terakhir (Sabtu, 18/06/2022) masih dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen dan visitasi ruang kelas dan ruang praktek semua jurusan yang akan diakreditasi. Visitasi dalam rangka akreditasi ini diakhiri dengan penutupan, di mana asesor menyampaikan rekomendasi dan hasil visitasi mereka. Ibu Jumika Wiyono mewakili tim asesor menyampaikan bahwa hal utama yang direkomendasikan tim asesor kepada STC untuk perbaikan adalah semua instruktur harus memiliki sertifikat kompetensi, sertifikat teknis dan  sertifikat metodologi. Sebagai catatan, sertifikat metodologi saat ini masih dapat diganti dengan keterangan pengalaman kerja.  Dari hasil site visit oleh Assesor Akreditasi KA-LPK Provinsi Papua dan hasil verifikasi dokumen dan lapangan, STC dinyatakan lulus. Tahap selanjutnya menunggu hasil pleno di Provinsi Papua dan di Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta untuk di SK-kan.

Hasil visitasi ini tentu saja menjadi hal yang sangat positif bagi STC dalam mewujudkan visi dan misinya sekaligus menjadi motivasi berharga bagi segenap manajemen STC. Maximus Tipagau, selaku direktur sangat mengapresiasi kinerja seluruh tim persiapan akreditasi yang dikawal oleh Ibu Suriani Surbakti selaku penasihat. Ia juga berterima kasih kepada tim asesor yang telah melaksanakan tugas visitasi dengan memeriksa semua komponen yang harus dipenuhi dalam akreditasi dan memberikan saran untuk perbaikan. 

Redaksi & Foto Oleh : Tim Somatua Training Center

Previous
Next
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

#Home #YayasanSomatua    #PT Mpaigelah  #MGP

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories