Dua bulan telah berlalu sejak enam orang peserta training asal Kabupaten Intan Jaya memulai pelatihan di Somatua Training Center (STC) Timika. Pada hari Senin, 11 Desember 2023, kegiatan pelatihan tersebut resmi ditutup oleh Maximus Tipagau, tokoh muda Papua yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses asal Papua dan pendiri Yayasan Somatua.

Dalam sambutannya, Maximus mengapresiasi kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dan Yayasan Somatua dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Ia juga menyampaikan selamat dengan berlinang air mata kepada para peserta training yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan baik.

“Saya sangat bangga dengan para peserta training ini diikuti oleh Bapak-bapak yang umur di atas 40 tahun namun masih punya semangat untuk belajar dan berlatih. Mereka telah menunjukkan semangat yang luar biasa untuk belajar dan mengembangkan diri. Saya yakin, mereka akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan siap untuk bersaing di dunia kerja, saya salut dan terimakasih untuk para bapak-bapak ini,” kata Maximus.

Maximus juga berpesan kepada para peserta training untuk terus mengembangkan diri dan tidak cepat puas dengan apa yang telah mereka capai. Ia juga berharap agar para peserta training dapat menjadi agen perubahan di Kabupaten Intan Jaya.

“Jadilah generasi muda yang tangguh dan berdaya saing. Jadilah agen perubahan yang membawa kemajuan bagi Kabupaten Intan Jaya dan juga ingat untuk terapkan pada anak kalian juga untuk harus sekolah,” pesan Maximus.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Intan Jaya, Djerry Dwitau, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Somatua atas dukungannya dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Ia juga berharap agar pelatihan ini dapat menjadi program berkelanjutan.

“Kami berharap, pelatihan ini dapat menjadi program berkelanjutan. Hal ini agar lebih banyak lagi putra-putri Kabupaten Intan Jaya yang dapat memperoleh kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya,” kata Djerry.

Pada pelatihan ini, para peserta dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan di bidang konstruksi kayu dan beton. Mereka juga mendapatkan materi tentang pengembangan diri dan soft skills.

Naftali Belau mewakili peserta training mengucapkan, “terimakasih kepada Pemda Intan Jaya dan Somatua Training Center sudah mengirim kami jauh-jauh untuk belajar di Timika. Semoga ilmu yang kami peroleh berguna ketika kami kembali ke kampung di Intan Jaya.”

“Pada kesempatan ini saya mohon maaf jika ada kata yang salah dalam pertemuan kita selama ini di kelas maupun praktek, akan tetapi saya mau berpesan agar ketika bapa-bapa sampai di kampung halaman harus tetap terapkan apa yang telah dipelajari di sini pada bidang konstruksi, saya berharap agar Pemda Intan Jaya dapat memfasilitasi alat-alat kerja mereka agar ketika mereka kembali ke kampung halaman mereka, ada pekerjaan yang dapat di kerjakan untuk melatih skill kemampuan mereka.” Tutup Abraham Marandof Instruktur Konstruksi.

kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat training dari Somatua Training Center. Semoga para peserta training dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang telah mereka peroleh untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan Kabupaten Intan Jaya.(TIMSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories