Empat siswa training dalam kelas operator excavator sedang melakukan praktik meratakan tanah di lahan yang akan dijadikan kebun di SP 2 belakang perumahan Pemda, Timika. Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum pelatihan yang bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dasar mengoperasikan excavator di Somatua Training Center pada pagi ini (22/11/2023).

Dalam praktik ini, para siswa dibimbing oleh instruktur berpengalaman. Mereka diajarkan cara mengoperasikan berbagai fungsi excavator, seperti lengan, bucket, dan boom. Para siswa juga dilatih untuk menerapkan teknik-teknik meratakan tanah yang aman dan efisien.

Salah satu siswa, berasal dari Sorong, mengatakan bahwa praktik ini sangat bermanfaat baginya. Ia mengaku belum pernah mengoperasikan excavator sebelumnya. “Saya sangat senang bisa mengikuti praktik ini. Saya bisa belajar cara mengoperasikan excavator dengan benar,” ujar salah satu siswa praktek operator excavator.

Dalam praktik ini, para siswa diminta untuk meratakan tanah. Mereka bekerja secara berkelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari dua orang. Proses perataan tanah dilakukan dengan cara menggerakkan bucket excavator. Bucket excavator diarahkan ke tanah yang akan diratakan, lalu didorong ke depan.

Para siswa tampak bersemangat mengikuti praktik ini. Mereka mengaku senang dapat belajar cara mengoperasikan excavator. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di bidang konstruksi. Pelatihan ini diikuti oleh 4 siswa dari berbagai kota di provinsi Papua. Pelatihan berlangsung selama satu bulan, mulai dari November awal hingga akhir.(TimSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories