Somatua Training Center (STC) mengadakan workshop sehari untuk para instruktur dan calon asesor di Swiss-Belinn Hotel, Timika pada Jumat (24/11/2023). Kegiatan workshop ini mengusung tema “Membuat Rencana Pelatihan dan Asesmen dari SKKNI”. Pada kesempatan ini para peserta workshop belajar bagaimana menyusun rencana pelatihan yang merupakan turunan atau penjabaran dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).


Somatua Training Center menghadirkan Fransiscus Fendi Novento, S. T., M.Kes. sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan ini. Ia sendiri merupakan seorang asesor, instruktur, auditor, sekaligus Gensupt Mining Safety Division PT Freeport Indonesia. Sementara itu, para peserta yang berpartisipasi terdiri atas para instruktur dan calon asesor Somatua Training Center, Direktur Operasional, HRD dan tim safety PT Mpaigelah, pengarah Somatua Training Center, dan staf Yayasan Somatua.


Workshop penyusunan rencana pelatihan dan asesmen ini dibuka dengan resmi oleh Presiden Direktur PT Mpaigelah, Aryati Nagapa dan berlangsung di ruang meeting Kasuari 2, hotel Swiss-Belinn Timika. Dalam sambutannya Presdir PT Mpaigelah menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan khususnya kepada para instruktur yang setia mendukung pengembangan Somatua Training Center sampai saat ini. “Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk belajar. Jangan sia-siakan karena tidak datang dua kali,” demikian ia mengaskan.

Narasumber kemudian memaparkan materi mengenai SKKNI secara umum dan menguraikan penjabarannya sampai contoh penyusunan rencana pelatihan dari satu unit kompetensi. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari tersebut berjalan menarik diselingi dengan tanya jawab peserta dan narasumber dan aneka games yang seru.

 

Para peserta juga mendapat kesempatan praktek menyusun rencana pelatihan dan asesmen dari unit kompetensi lain dengan menggunakan template yang dibagikan narasumber. Meskipun lelah karena duduk dalam waktu yang lama, para calon asesor sangat antusias mengikuti aktivitas ini mengingat berharganya ilmu pengetahuan yang diperoleh. Narasumber membimbing secara kelompok dan meladeni pertanyaan para peserta dengan jawaban yang sederhana dan mudah dicerna.

 

Diharapkan para peserta workshop memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar membuat rencana pelatihan dan asesmen yang cukup dari workshop hari ini. Pengalaman ini akan menjadi bekal bagi mereka untuk mengikuti pelatihan asesor dalam rangka persiapan LSP Somatua Training Center pada waktu yang akan datang. Saat ini Somatua Training Center sedang dalam tahap lanjutan persiapan akreditasi BNSP dan para calon asesor selaku Sumber Daya Manusia pendukungnya memiliki peran yang sangat krusial. Kegiatan workshop hari ini diharapkan memberikan gambaran dasar mengenai SKKNI dan bagaimana menyusun rencana pelatihan dan asesmen.(TimSTC)

 

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories