Enam siswa asal Kabupaten Intan Jaya, melanjutkan pembelajaran di kelas Somatua Training Center dengan materi baru mengenai pembangunan rumah dengan bahan beton pada pagi ini (22/11/2023). Pembelajaran ini merupakan bagian dari materi lanjutan mengenai bidang Kontruksi.

Dalam pelatihan ini, para siswa mempelajari tentang sudut denah, jenis ukuran rumah yang membutuhkan beberapa tiang, perbandingan berat dan beban bagian atas bangunan, dan kekuatan pondasi rumah yang dapat menahan beban suatu bangunan agar suatu bangunan terlihat rata.

“Saya memberikan materi ini kepada kalian yang tinggal di daerah pegunungan yang dimana transportasi yang digunakan adalah pesawat. Untuk memenuhi kebutuhan pembangunan rumah harus ke daerah lain lagi, jadi supaya kalian hemat biaya dan tidak boros bahan, awalnya kalian harus menggambar tipe rumah yang kalian inginkan, dan memastikan pengukuran dengan benar sehingga kalian dapat ketahui berapa kebutuhan bahan yang akan kalian gunakan,” ungkap Abraham Marandof selaku instruktur Bidang Kontruksi Somatua Training Center.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Saya banyak belajar tentang konstruksi beton, mulai dari dasar-dasarnya hingga teknik pengerjaan yang benar,” ujar Andreas Ugipa. Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, ia dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten di bidang konstruksi beton.

Yayasan Somatua merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Somatua Training Center merupakan salah satu unit kerja Yayasan Somatua yang menyediakan pelatihan kerja di berbagai bidang, termasuk konstruksi.(TimSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories