Timika, 20 Mei 2024 – Somatua Training Center kembali menyelenggarakan pelatihan Safety K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) untuk angkatan intake ke-18. Pada hari kelima pelatihan, fokusnya adalah pada bahaya dan dampaknya di tempat kerja, serta cara mengatasi kelelahan yang dapat berujung pada kecelakaan.

Setelah menerima materi orientasi Safety K3 dan pemahaman tentang bahaya, para siswa diajak untuk mendalami dampak yang dapat ditimbulkan oleh bahaya tersebut. Hal ini penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan mendorong mereka untuk selalu memprioritaskan keselamatan dalam bekerja.

Salah satu materi yang menarik pada hari ini adalah tentang kelelahan. Instruktur menjelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelelahan, seperti jam kerja yang panjang, beban kerja yang berat, dan lingkungan kerja yang tidak ergonomis. Kelelahan dapat berakibat fatal, karena dapat menurunkan konsentrasi, memperlambat refleks, dan meningkatkan risiko terjadinya kesalahan yang berakibat pada kecelakaan kerja.

Oleh karena itu, para siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengatasi kelelahan. Mereka diajari teknik-teknik relaksasi, seperti peregangan dan pernapasan dalam, serta strategi untuk mengatur waktu dan beban kerja. Selain itu, mereka juga diingatkan untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman yang cukup, serta istirahat yang lengkap.

Dengan pelatihan Safety K3 yang komprehensif ini, Somatua Training Center berkomitmen untuk membekali para siswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk bekerja dengan aman dan produktif.(STC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories