Para siswa jurusan operator excavator di Somatua Training Center (STC) memasuki kelas pengenalan komponen. Kelas ini diajar oleh instruktur berpengalaman dari Somatua Training Center. Mereka mulai mengambil kelas praktek di area belakang perumahan Pemda SP 2 Timika hari ini, Senin (27/02/2024).

Pada kelas ini, para siswa akan mempelajari berbagai komponen penting pada excavator, seperti:

  • Engine: Jantung dari excavator yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan seluruh bagian mesin.
  • Hydraulic system: Sistem yang menggunakan oli bertekanan tinggi untuk menggerakkan boom, arm, dan bucket excavator.
  • Undercarriage: Bagian bawah excavator yang menopang seluruh mesin dan memungkinkan excavator untuk bergerak.
  • Attachment: Berbagai alat yang dapat dipasang pada excavator untuk melakukan berbagai pekerjaan, seperti bucket, grabber, dan ripper.

Instruktur menjelaskan fungsi dan cara kerja setiap komponen dengan detail. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung dan menyentuh komponen-komponen tersebut.

Salah satu siswa,  mengaku senang dengan kelas ini. Ia mengatakan bahwa kelas ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuannya tentang dasar alat excavator.

Kelas pengenalan komponen adalah salah satu kelas penting dalam program pelatihan operator excavator di STC. Kelas ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada para siswa tentang berbagai komponen excavator dan cara kerjanya.

Dengan mempelajari berbagai komponen excavator, para siswa diharapkan dapat memahami cara kerja excavator secara keseluruhan dan dapat mengoperasikan excavator dengan aman dan efisien.(TimSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories