Antusiasme terpancar dari wajah para siswa training jurusan welder saat memulai kelas teori yang langsung dibimbing oleh instruktur berpengalaman, Stenly Rahaded. Kelas ini bertempat di ruang kelas Somatua Training Center dengan fokus pada materi SMAW 1F, 2F, dan 3F pada Rabu 28/2/2024.

Materi SMAW (Shielded Metal Arc Welding) merupakan salah satu teknik pengelasan yang paling umum digunakan. Teknik ini menggunakan elektroda berlapis yang menghasilkan busur listrik untuk melelehkan logam dan menciptakan sambungan.

Materi yang Dipelajari:

  • SMAW 1F: Posisi pengelasan sambungan sudut/fillet pada pelat dengan proses las busur manual. Pada posisi ini, elektroda dimiringkan dengan sudut sekitar 70°- 80° untuk menghasilkan sambungan fillet yang kuat dan rapi.
  • SMAW 2F: Posisi pengelasan sambungan sudut/fillet pada pelat dengan proses las busur manual. Elektroda dimiringkan dengan sudut sekitar 45° untuk menghasilkan sambungan fillet yang kokoh pada posisi horizontal.
  • SMAW 3F: Posisi Pengelasan sambungan sudut/fillet pada pelat dengan proses las busur manual. Pada posisi vertikal, elektroda dimiringkan dengan sudut sekitar 10° – 15° untuk menghasilkan sambungan fillet yang stabil dan aman.

Stenly Rahaded, selaku kepala operasional Somatua Training Center dan instruktur welder, memandu para siswa dengan penjelasan yang jelas dan demonstrasi yang praktis. Beliau menekankan pentingnya teknik yang tepat dan keselamatan kerja dalam proses pengelasan.

Kelas berlangsung dengan interaktif dan penuh semangat. Para siswa diajak untuk memahami teori dan teknik pengelasan di bawah pengawasan instruktur. Pertanyaan dan diskusi aktif mewarnai proses pembelajaran, memastikan pemahaman yang menyeluruh bagi para siswa.

Kelas teori SMAW memberikan bekal penting bagi para siswa untuk menjadi welder yang handal. Pemahaman yang baik tentang teknik pengelasan dan keselamatan kerja akan membantu mereka dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Somatua Training Center berkomitmen untuk memberikan pelatihan berkualitas bagi para calon welder. Dengan instruktur berpengalaman dan fasilitas yang lengkap, Somatua Training Center siap mencetak welder yang kompeten dan siap bersaing di dunia industri.

Kelas teori SMAW di Somatua Training Center merupakan langkah awal yang penting bagi para siswa untuk menjadi welder yang profesional. Dengan materi yang komprehensif dan instruktur yang berpengalaman, para siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di industri pengelasan.(TimMGP)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories