Setelah menggelar pelatihan intake XV sejak pertengahan Januari 2024, Somatua Training Center mengadakan ujian tulis untuk para peserta training. Hari ini ujian tulis dilaksanakan khusus untuk peserta training program pelatihan operator excavator. Peserta pelatihan program ini adalah 8 (delapan) orang dari total peserta sebanyak 13 orang. Dua program pelatihan lain pada intake XV adalah safety K3 dan welding atau teknik pengelasan. Peserta pelatihan welding berjumlah 3 orang, sedangkan safety sebanyak 2 orang.

Peserta training operator excavator yang hadir mengikuti ujian tulis hari ini (kamis/22/2/2024) sebanyak 6 orang. Sementara itu, dua peserta lainnya berhalangan hadir dan akan mengikuti ujian tulis pada hari berikut. Ujian tulis dilaksanakan untuk memastikan pemahaman dan keterampilan yang telah dicapai peserta training setelah mengambil bagian dalam pelatihan yang berlansung selama satu bulan.

Dalam prosesnya, program pelatihan ini menggabungkan aktivitas dalam ruangan yang diisi dengan penyampaian materi teori dan praktek di lapangan yang mencakup sebagian besar dari keseluruhan periode training. Kelas teori diadakan di ruang kelas gedung Somatua Training Center, Jl. Cendrawasi SP 2, sedangkan kegiatan praktek diadakan di belakang Perumahan Pemda Mimika, Jl. Cendrawasih SP 2.

Khusus untuk peserta pelatihan welding, sesi teori dan praktek masih terus berlangsung mengingat program pelatihan intake XV pada program ini dimulai lebih lambat dari pelatihan safety K3 dan operator excavator. Di sisi lain, pelatihan safety K3 terlebih dahulu menyelesaikan program pelatihan pada minggu sebelumnya. Hal ini karena jumlah dan bobot materi yang diberikan pada setiap program berbeda serta penyesuaian dengan hal teknis lainnya.

Ujian tulis hari ini merupakan bagian terakhir bagi para peserta training operator excavator dari keseluruhan rangkaian proses pelatihan. Selanjutnya mereka akan memperoleh sertifikat sesuai dengan capaian yang diperoleh sepanjang proses pelatihan. Somatua Training Center juga telah mulai dengan hari pertama pelatihan untuk intae XVI pada hari ini. Program pelatihan reguler terus dibuka dan berjalan dengan normal. Para calon pencari kerja yang memerlukan pelatihan bersertifikat nasional mempunyai kesempatan terbuka untuk bergabung dalam program pelatihan di Somatua Training Center.(TimYS)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories