Siswa Somatua Training Center di Timika, Papua Tengah, memulai kelas praktek Safety penggunaan body harness. Kelas ini diikuti oleh 2 siswa yang berasal dari berbagai latar belakang di lingkungan perbengkelan Somatua Training Center pada Kamis 1/2/2024.

Tujuan dari kelas ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya menggunakan body harness secara benar dan aman. Body harness adalah alat keselamatan yang berfungsi untuk melindungi pekerja dari jatuh dari ketinggian.

Pada kelas ini, siswa diajarkan tentang cara memasang body harness, cara mengikat tali pengaman, dan cara menggunakan body harness dalam berbagai situasi. Siswa juga dilatih untuk melakukan simulasi jatuh dari ketinggian.

Pemasangan Body Harness

Pemasangan body harness adalah langkah yang paling penting dalam penggunaan body harness. Body harness harus dipasang dengan benar agar dapat berfungsi secara efektif.

Pada kelas ini, siswa diajarkan tentang cara memasang body harness dengan benar, termasuk cara memasang tali bahu, tali pinggang, dan tali kaki. Siswa juga diajarkan tentang cara menyesuaikan body harness agar pas dengan tubuh mereka.

Mengikat Tali Pengaman

Tali pengaman adalah bagian penting dari body harness yang berfungsi untuk menahan tubuh pekerja jika jatuh. Tali pengaman harus diikat dengan benar agar dapat berfungsi secara efektif.

Pada kelas ini, siswa diajarkan tentang cara mengikat tali pengaman dengan benar, termasuk cara mengikat tali pengaman ke anchor point. Siswa juga diajarkan tentang cara memeriksa tali pengaman untuk memastikan bahwa tali pengaman dalam kondisi baik.

Menggunakan Body Harness dalam Berbagai Situasi

Body harness dapat digunakan dalam berbagai situasi, termasuk bekerja di ketinggian, bekerja di daerah yang berbahaya, dan bekerja di daerah yang memiliki risiko jatuh.

Pada kelas ini, siswa diajarkan tentang cara menggunakan body harness dalam berbagai situasi. Siswa juga dilatih untuk melakukan simulasi jatuh dari ketinggian.

Simulasi Jatuh dari Ketinggian

Simulasi jatuh dari ketinggian adalah cara yang efektif untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya menggunakan body harness secara benar dan aman.

Pada kelas ini, siswa dilatih untuk melakukan simulasi jatuh dari ketinggian. Siswa diajarkan bagaimana cara jatuh dengan aman menggunakan body harness.

Kelas praktek safety penggunaan body harness ini merupakan bagian dari materi pelatihan keselamatan yang ada di kelas K3 Umum Somatua Training Center. Materi pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pekerja tentang pentingnya keselamatan kerja.

Somata Training Center merupakan salah satu lembaga pelatihan kerja terkemuka di Papua Tengah. Lembaga ini menyediakan berbagai pelatihan, termasuk pelatihan K3 Umum. Pelatihan ini sangat penting bagi pekerja yang bekerja di ketinggian, seperti pekerja konstruksi, pekerja pertambangan, dan pekerja perkebunan.(TimSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories