Tepat dua minggu setelah mengikuti aktivitas pelatihan kerja di Somatua Training Center (STC), enam orang siswa training kerja sama Pemda Kabupaten Intan Jaya dan Somatua Training Center mendapat kunjungan dari Kepala Bidang Tenaga kerja dan Pelatihan, Jerry Diwitau, S.Ip., M.Sos. pada Senin (13/11/2023). Kehadirannya merupakan kunjungan pertama Pemda Kabupaten Intan Jaya terhadap siswa training yang diserahkan kepada Somatua Training Center pada 6 Oktober 2023 yang lalu. Hal ini juga menjadi bukti bahwa koordinasi antara kedua pihak yang bekerja sama tetap berjalan baik untuk memastikan kegiatan pelatihan bagi enam siswa ini berjalan sesuai dengan harapan.

Tatap muka antara 6 siswa training dengan Kepala Bidang Tenaga kerja dan Pelatihan berlangsung di rungan C lantai dua gedung Somatua Training Center, Jl. Cendrawasih Timika. Ketika pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Intan Jaya tersebut hadir, para siswa training sedang mengikuti sesi praktek di ruang praktek di area STC. Aktivitas tersebut kemudian dilanjutkan setelah pertemuan yang berlangsung sekitar setengah jam tersebut.

Dalam arahannya bagi bara siswa training, Jerry Diwitau menegaskan bahwa Pemda Kabupaten Intan Jaya telah menyerahkan para siswa training kepada Yayasan Somatua (dalam hal ini Somatua Training Center) untuk dilatih menjadi tukang kayu dan beton. Oleh karena itu, Pemda Kabupaten Intan Jaya tidak memiliki wewenang untuk mengintervensi aturan yang berlaku di Somatua Training Center.

“Bapak-bapak berlatih di sini bukan untuk kepentingan orang lain atau Pemda. Ini persiapan untuk Bapak-bapak sendiri untuk bekerja ke depan. Jadi saya harap serius supaya dapat hasil yang bagus,” demikian ditegaskan Jerry Diwitau.”

Mey Ubra, kepala operasional Yayasan Somatua juga menyampaikan hal senada bahwa Somatua Training Center berusaha memberikan yang terbaik sehingga sangat diharapkan kerja sama yang baik dari para peserta training. Keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini akan bermanfaat untuk membangun daerah sendiri, yakni Kabupaten Intan Jaya. Sementara itu, Andrias Ugipa, salah saru dari enam siswa training kerja sama Somatua Training Center dengan Pemda Intan Jaya menyampaikan agar perwakilan Pemda Intan Jaya lebih sering hadir memantau mereka agar kegiatan benar-benar dapat berjalan baik dan berhasil.

Sebagai informasi, setelah melalui proses negosiasi panjang Pemda Kabupaten Intan Jaya dan Somatua Training Center sepakat menjalin kerja sama pelatihan konstruksi untuk peserta dari salah satu kabupaten di provinsi Papua Tengah tersebut. Kolaborasi tersebut terealisasi dengan hadirnya 6 orang siswa training dari Intan Jaya yang diantar langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian didampingi beberapa pejabat di lingkup dinas tersebut. Kerja sama ini merupakan titik awal untuk melanjutkan program pelatihan dengan skema kerja sama kedua pihak pada waktu mendatang. Keenam peserta training perdana dari Kabupaten Intan Jaya ini akan menjalani masa pelatihan sampai Desember 2023.(TimSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories