Penjabat (Pj.) Sekda Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan Ricky Johanes Kapelle, S.STP mengunjungi Somatua Training Center (STC) pada Senin (10/3) dalam rangka menjajaki rencana kerja sama antara Pemda Kabupaten Nduga dengan STC. Kehadiran Pj. Sekda Kabupaten Nduga disambut jajaran staf Yayasan Somatua dan STC.


Dalam kesempatan tersebut Pj. Sekda menyampaikan latar belakang ketertarikan Pemda Kabupaten Nduga. Ia mengatakan bahwa Kabupaten Nduga memiliki generasi SDM produktif yang didominasi oleh para pemuda putus sekolah. Pekerjaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Nduga lebih banyak melibatkan pekerja dari luar dan sering mengalami gangguan keamanan. Pemda membutuhkan tenaga terampil SDM lokal yang dapat dimanfaatkan untuk membangun Kabupaten Nduga. Penjabat Sekda Kabupaten Nduga menilai bahwa STC adalah jawan terhadap kebutuhan mereka. Oleh karena itu mereka sangat antusias untuk memulai kerja sama ini.


Didampingi oleh staf Yayasan Somatua dan STC, Pj. Sekda Kabupaten Nduga kemudian meninjau fasilitas pelatihan kerja yang disediakan oleh STC. Ia mengunjungi ruang praktek dan teori dan juga peralatan praktek operator alat berat di belakang perumahan Pemda Mimika. Selain itu, tim Yayasan Somatua dan STC mengantar Sekda Kabupaten Nduga meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Pemda Mimika yang akan dimanfaatkan oleh STC karena tidak beroperasi. Fasilitas ini rencananya akan digunakan sebagai tempat pelatihan dan penginapan bagi peserta training dari luar daerah, termasuk dari Kabupaten Nduga.

Pj. Sekda Kabupaten Nduga sangat mengapresiasi apa yang telah dibangun oleh Maximus Tipagau. Ia yakin bahwa ini juga adalah kesempatan bagi kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Papua Pegunungan untuk mengirim putra-putri terbaik mereka mengikuti pelatihan kerja di STC. Ia juga mendorong agar STC menyediakan pelatihan untuk bidang lain seperti tenga teknis untuk operasional bandara karena di wilayah pedalaman dengan bandara-bandara kecil sangat membutuhkan.

Setelah meninjau fasilitas pelatihan STC, Pj. Sekda Kabupaten Nduga meninggalkan STC dengan pesan bahwa kerja sama ini dipastikan terwujud dalam waktu dekat karena Pemda Kabupaten Nduga telah siap. Dalam waktu dekat ia akan hadir kembali bersama Pj. Bupati Nduga untuk berkunjung dan mengadakan pembicaraan lebih lanjut.(TimSTC).

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories