somatuatrainingcenter.com Mimika – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Muhammad Saleh Mustafa, menyatakan kesiapannya mendukung serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) putra-putri asli Papua umumnya, dan khususnya di Provinsi Papua Tengah.

Pernyataan sekaligus komitmen ini diungkapkan Pangdam XVII Cenderawasih saat mengunjungi Somatua Training Center (STC) pada Senin (13/3/2023). Pangdam XVII Cenderawasih, didampingi Letkol Inf. Dedy Dwi Cahyadi, Dandim 1710 Mimika serta jajaran TNI AD lainnya, selama kunjungan sehari di STC disambut dan ditemani langsung oleh Maximus Tipagau, Direktur Yayasan Somatua yang juga pendiri STC.

Dalam rangka memberdayakan putra-putri asli Papua melalui STC, Pangdam XVII Cenderawasih menyatakan komitmennya akan menjalin kerja sama dengan para kepala daerah.

“Ini sekaligus menjadi momentum atau kesempatan yang baik bagi STC untuk lebih banyak lagi mencetak tenaga kerja lokal siap pakai, sebagaimana visi dan misi serta harapan besar Maximus, yakni dengan mengembangkan SDM handal dan mumpuni, tentunya dapat memerangi masalah sosial seperti kemiskinan, penyakit, dan ketertinggalan dalam pendidikan,” ungkap Pangdam XVII Cenderawasih.

Orang nomor satu di Kodam XVII Cenderawasih ini pun terkesan dengan kisah sukses Maximus Tipagau, sosok pengusaha muda yang kreatif dan ulet merintis STC melalui Yayasan Somatua yang didirikannya sejak 2008 silam.

STC dalam perkembangannya kini telah menjadi Balai Pelatihan Kerja (BLK) di Provinsi Papua Tengah setelah diresmikan oleh Ma’aruf Amin, Wakil Presiden RI pada 30 November 2022 lalu.

Maximus Tipagau bersama Tim STC mengawal kunjungan rombongan Pangdam XVII Cenderawasih dari gedung BLK Somatua Training Center, tepatnya di belakang Perumahan Pemda, Kelurahan Timika Jaya SP2. Rombongan kemudian bergerak menuju gedung BLK STC yang berlokasi di Jalan Cenderawasih SP2, sekaligus meninjau ruangan kelas peserta training.

Direktus STC Maximus berjabat tangan dengan Pangdam Mayjen TNI Mustofa

Selama kunjungan, Pangdam Cenderawasih dan rombongan pun mendapat penjelasan terkait program kelas pelatihan dan hal teknis yang dijalankan STC, seperti unit perbengkelan, pengelasan hingga penggunaan alat berat.

Usai melihat langsung fasilitas, sarana-prasarana dan kelas program STC, Maximus kemudian mengajak rombongan Pangdam Cenderawasih menyeruput aneka kopi di Cafe Kamoro sembari bercengkerama dengan diskusi ringan.

Pada kesempatan itu, Maximus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepadas Pangdam Cenderawasih, Dandim 1710 Mimika serta jajaran TNI karena sudah menyempatkan waktu berkunjung ke STC.

“Semoga kerja sama ini akan terus berjalan dalam meningkatkan serta memajukkan SDM Papua melalui STC yang saya dirikan. STC rumah kita untuk mengubah kehidupan keluarga dan masyarakat Papua yang lebih baik ke depannya,” tandas Maximus yang dijuluki Gladiator Papua.(TimSTC).

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories