Somatua Training Center (STC) yang mengusung tagline “sekolah orang dewasa” telah menyelenggarakan pelatihan atau training bagi para calon pencari kerja sebanyak enam intake sejak tahun 2020. Kegiatan pelatihan di STC dilakukan tiga kali dalam setahun dengan membuka beberapa program pelatihan berbeda. Hingga intake terakhir, STC telah meluluskan ratusan tenaga kompeten yang siap memasuki dunia kerja. STC sendiri memprioritaskan putra-putri asli Papua sebagai peserta pelatihan untuk memacu peningkatan kualitas SDM lokal.


Somatua Training Center segera menyelenggarakan kembali pelatihan sesi terakhir untuk tahun 2022. Penaftaran peserta untuk pelatihan intake tujuh ini telah dimulai sejak tanggal 26 September 2022 sampai saat ini. Tepat hari ini (Kamis/13/10) para calon siswa peserta pelatihan yang telah mendaftar dan lolos secara administratif serta menyelesaikan pembayaran awal (down payment) dipanggil kembali pihak STC untuk melakukan registrasi ulang. Selanjutnya mereka akan mengikuti program pelatihan selama sebulan di STC.
“Sampai saat ini, jika dilihat dari jumlah jumlah calon siswa yang mendaftar cukup lumayan. Jumlah calon siswa semuanya 28 orang yang telah terdaftar. Namun untuk yang membayar DP dan siap diikutsetakan dalam pelatihan baru 5 orang. Kelima calon siswa yang telah membayar DP inilah yang siap untuk mengikuti training nanti. Dan kami akan tetap memulai trainingnya, walaupun dengan jumlah yang ada dan belum maksimal tetapi kami akan tetap mulai dengan aktivitas training,” demikian disampaikan Stenly Sirfefa, salah satu staf STC bagian training dan edukasi. Program yang akan dibuka dalam pelatihan ini adalah teknik pengelasan (welding) dan operator excavator.


Sebagai informasi, setelah melalui tahap pleno di provinsi dan kementerian di Jakarta, akhirnya STC dinyatakan terakreditasi pada tanggal 18 Agustus 2022. Hal ini artinya STC telah memenuhi delapan standar mutu yang ditetapkan KALPK. Dokumen sertifikast akreditasi nasional tersebut diserahkan kepada pihak STC yang diwakili oleh Ibu Suriani Surbakti selaku penasihat dan coordinator tim persiapan akreditasi STC. Beliau didampingi pula oleh Ibu Jumik Wiyono, asesor sekaligus ketua Komite Akreditasi LPK Provisni Papua. Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Merlynn Park Hotel Jakarta pada tanggal 9 September 2022. Status ini sekaligus mempertegas legalitas dan menambah keyakinan bagi para peserta training untuk mengikuti pelatihan di STC.


Penulis: Emanuel Welikin
Editor: Rofin Daton
Foto: Emanuel Welikin

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories