Somatua Training Center (STC) kembali menggelar pelatihan pada hari ini (Selasa/ 18/10) setelah melalui tahap pendaftaran dan registrasi ulang peserta. Program ini merupakan intake 7 (tujuh) atau terakhir untuk tahun 2022. Program pelatihan untuk intake 7 terdiri atas program welding dan operator excavator.


Pertemuan perdana hari ini dibagi menjadi dua bagian. Pada pagi hari diselenggarakan kelas teori untuk peserta yang mengambil program welding atau pengelasan. Materi yang disampaikan pada sesi teori yang pertama ini terdiri atas pengenalan Alat Pelindung Diri (APD), safety terkait praktek welding, dan beberapa jenis pengelasan dalam dunia kerja. Peserta pada program ini berjumlah dua orang. Dengan peserta yang terbatas, instruktur memiliki waktu dan focus lebih baik dalam membantu para siswa memahami materi yang kemudian akan diimplementasikan pada sesi praktek.
“Sebelum kita memulai dengan praktek kerja, kita harus memahami dan mengikuti prosedur kerja, di mana alat pelindung diri itu sangat penting. Safety atau kesehatan dan keselamatan kerja harus selalu terjaga. Sebelum kita memulai praktek welding, kita juga harus mengetahui jenis jenis pengelasan. Ada SMAW, GMAW dan lain lain,” demikian ditekankan Riky Yandeday, instruktur welding Somatua Training Center.
Sementara pada siang hari, kelas teori dibuka untuk para peserta training program operator excavator. Jumlah peserta sesuai dengan data pendaftaran dan registrasi ulang adalah tiga orang yang diarahkan oleh Yohanes Sapan Lembang selaku instruktur operator excavator. Materi yang disampaikan dalam pertemuan perdana ini berhubungan dengan gambaran umum materi dan praktek yang akan dipelajari selama kegiatan training dan safety terkait operasi alat berat. Pelatihan ini diagendakan akan berlangsung selama satu bulang dengan kombinasi 25% kelas teori dan 75% praktek lapangan.

Penulis: Emanuel Welikin
Editor: Rofin Daton
Foto: Emanuel Welikin

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories