Kamis (11/08/2022) perwakilan Kopana Pertamina mengadakan pelatihan penanganan insiden kebocoran tabung gas di Somatua Training Center (STC). Sebelumnya, pihak Kopana Pertamina telah berkunjung ke STC untuk menjajaki kemungkinan mengadakan pelatihan tersebut. Setelah disepakati dan disesuaikan waktunya maka kegiatan tersebut direalisasikan pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022.

Pelatihan yang berhubungan dengan safety ini melibatkan para staf Somatua Training Center dan staf safety PT Mpaigelah dan staf bengkel Papua Global Persada. Aktivitas pelatihan berlangsung selama satu jam, yakni dari pukul sembilan sampai sepuluh pagi. Pihak Propana Pertamina diwakili oleh Mulyadi yang hadir dengan membawa peralatan termasuk tabung gas dan kompor mini.  

Meskipun berlangsung hanya satu jam, para peserta antusias mengikuti penjelasan dan praktek terkait langkah-langkah yang harus diambil ketika terjadi insiden kebocoran tabung gas. Mulyadi menekankan bahwa hal pertama yang menjadi sikap prinsip ketika terjadi insiden kebocoran adalah tidak boleh panik atau lari. Sebaliknya, langkah yang harus segera diambil adalah mematikan tuas regulator tabung agar api segera padam. Selain memberikan penjelasan terkait penanganan selang tabung gas yang bocor, Mulyadi juga membuat simulasi penanganan masalah tersebut di hadapan para peserta. Ia juga meminta beberapa peserta untuk memperagakan cara mengatasi insiden kebocoran tabung gas sesuai dengan penjelasan dan simulasi yang telah diberikan.

Lebih lanjut ia menginformasikan sekaligus mempromosikan bahwa jenis regulator tabung gas yang diproduksi saat ini sudah jauh lebih aman dari pada regulator standar yang banyak digunakan di rumah tangga.

Pelatihan ini dipandang sangat bermanfaat bagi para peserta yang terlibat. Mereka memperoleh pengetahuan dan pelajaran praktis yang akan bermanfaat baik dalam lingkuangan keluarga maupun tempat kerja.

 

Redaksi: Rofin Daton

Foto: Anto Kosay

Previous
Next Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

#Home #YayasanSomatua    #PT Mpaigelah  #MGP

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories