Education Department Center (EDC), sebuah lembaga nirlaba global yang berbasis di Amerika Serikat, melalui perwakilannya di Indonesia mengunjungi Somatua Training Center (STC) pada Rabu (20/7). Lembaga ini telah beroperasi selama lebih dari 80 tahun secara global dan sudah berkarya lebih dari 10 tahun di Indonesia. Saat ini mereka berkarya di lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Untuk program di Indonesia, mereka fokus pada pendidikan dan memilih Madura dan Papua sebagai tempat implementasi programnya.

Pada kesempatan kunjungan ke STC, pihak EDC diwakili oleh Sattiya Langkhapin (direktur proyek regional untuk proyek AWARE 2 Project di Thailand, Filipina, dan Indonesia), Nur Widagdo (penasihat teknis senior), dan Hartati Sinaga (staf EDC untuk wilayah Papua). Sementara itu, tim STC diwakili oleh para staf yakni Berlian Mirino, Stenly Habel Sirfefa, dan Iryanto Kosay. Tim ini didampingi oleh Rofin Daton dari Yayasan Somatua. Pertemuan tim STC dan perwakilan EDC berlangsung di ruang instruktur STC, Jl. Cendrawasih KM 3,5 Timika. Pertemuan berlangsung dalam suasana hangat dan berlangsung lebih dari satu jam sejak dimulai pada pukul 08:00 WIT.

Selaku pimpinan regional, Sattiya Langkhapin menyampaikan program yang sedang dirintis EDC untuk wilayah Madura dan Papua. Dalam pemaparannya, beliau memperkenalkan EDC dan menjelaskan bahwa kehadiran EDC di STC bertujuan mempromosikan program sekaligus mengumpulkan data training center yang akan dipakai dalam merumuskan program kerja di Papua. Focus EDC dalam program di Papua adalah pelatihan soft skill untuk siswa dan instruktur dalam program ekonomi hijau, teknologi modern (seperti kendaraan listrik, pertanian pintar, instalasi panel tenaga surya dan sebagainya). Pelatihan ini bertujuan mendukung pembangunan berkelanjutan dan difokuskan bagi orang asli Papua. Pemaparan ini disampaikan dalam Bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh Nur Widagdo selaku penasihat teknis senior.

Tim EDC mengapresiasi kinerja STC yang telah memberikan pelatihan kerja dengan mayoritas siswa orang asli Papua dan telah bekerja, bahkan sampai di luar wilayah Papua. Setelah pertemuan di ruang instruktur, tim STC mendampingi perwakilan EDC meninjau ruang praktek dan fasilitas pelatihan bagi siswa STC. Jika analisis tim EDC kemudian memutuskan untuk bekerja sama dengan STC untuk program mereka di Timika, pihak EDC akan menghubungi STC. STC sendiri akan siap bekerja sama dengan EDC untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Papua.

Aritkel & Photo : Oleh Tim STC

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

#Home #YayasanSomatua    #PT Mpaigelah  #MGP

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories