Proses akreditasi lembaga pelatihan Somatua Training Center melalui proses yang cukup panjang.  Persiapan menghadapi akreditasi telah dilakukan oleh Somatua Training Center sejak dua tahun lalu seiring beroperasinya Lembaga Pelatihan Kerja yang memiliki tagline ‘sekolah orang dewasa’ ini.  

Sebuah lembaga pelatihan terakreditasi harus memenuhi standar-standar yang ditentukan oleh Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (KALPK). Dalam hal ini sebuah Lembaga Pelatihan Kerja wajib memenuhi 8 (delapan) standar mutu untuk dapat diakreditasi. Kedelapan standar mutu tersebut adalah Kompetensi Kerja, Kurikulum dan Silabus, Materi Pelatihan Kerja, Instruktur dan Tenaga Pelatihan, Sarana dan Prasarana Pelatihan Kerja, Tata Kelola, dan Keuangan.

Untuk memastikan  bahwa Somatua Training Center telah memenuhi standar-standar tersebut, pada tanggal 16-18 Juni 2022, tim asesor melakukan visitasi ke Somatua Training Center. Tim asesor yang hadir pada saat itu adalah Ibu Jumik Wiyono (Asesor dan Ketua Komite Akreditasi LPK Provisni Papua)  dan Bapak Roberto Sinto (Asesor dan Anggota Komite Akreditasi LPK Provisni Papua). Selama tiga hari kegiatan visitasi, tim asesor memeriksa dokumen, fasilitas dan memberikan bimbingan teknis pengelolaan LPK kepada seluruh staf Somatua Training Center. Kedua asesor juga memberikan saran-saran untuk perbaikan dan pembenahan untuk memenuhi delapan standar yang telah ditentukan. Visitasi tersebut diakhiri dengan penutupan, di mana asesor menyampaikan rekomendasi dan hasil visitasi mereka. Dari hasil site visit oleh Assesor Akreditasi KA-LPK Provinsi Papua dan hasil verifikasi dokumen dan lapangan, STC dinyatakan lulus. Tahap selanjutnya menunggu hasil pleno di Provinsi Papua dan di Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta untuk di SK-kan.

Setelah melalui tahap pleno di provinsi dan kementerian di Jakarta, akhirnya Somatua Training Center dinyatakan terakreditasi pada tanggal 18 Agustus 2022. Hal ini artinya Somatua Training Center telah memenuhi delapan standar mutu yang ditetapkan KALPK. Dokumen sertifikast akreditasi nasional tersebut kemudian diserahkan kepada pihak Somatua Training Center yang diwakili oleh Ibu Suriani Surbakti selaku penasihat dan coordinator tim persiapan akreditasi STC. Beliau didampingi pula oleh Ibu Jumik Wiyono, asesor  sekaligus ketua Komite Akreditasi LPK Provisni Papua. Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Merlynn Park Hotel Jakarta pada tanggal 9 September 2022.

Dengan terbitnya sertifikat nasional untuk 14 jurusan di Somatua Training Center, diharapkan lembaga pelatihan ini semakin mewujudkan visinya yakni “Mewujudkan SDM professional yang berdaya saing global dan berwawasan lingkungan.”

 

Redaksi: Rofin Daton

Foto: Suriani Surbakti

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories