Somatua Training Center – Hari ketiga di Somatua Training Center diwarnai dengan antusiasme luar biasa dari 13 karyawan Water Treatment Plant. Para peserta, yang terdiri dari teknisi dan operator berpengalaman, mengikuti dengan seksama materi mengenai sistem Isolasi Energi Berbahaya (Isolation of Hazardous Energy), dasar-dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta teknik penggunaan Body Harness untuk bekerja di ketinggian pada halaman bengkel Somatua Training Center pada 8/5/2024.

Materi tentang Isolasi Energi Berbahaya disampaikan secara komprehensif, membahas berbagai jenis energi berbahaya yang ada di lingkungan Water Treatment Plant, seperti energi listrik, mekanik, dan kimia. Para peserta diajarkan bagaimana mengidentifikasi bahaya tersebut, menerapkan prosedur isolasi yang tepat, dan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai.

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga menekankan pentingnya pengetahuan dasar K3 bagi para pekerja Water Treatment Plant. Memahami prinsip-prinsip K3 dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari dapat membantu mencegah kecelakaan kerja dan menjaga kesehatan para pekerja.

Di sesi sore, para peserta mendapatkan pelatihan tentang teknik penggunaan Body Harness. Pelatihan ini penting untuk memastikan keselamatan para pekerja saat mereka harus bekerja di ketinggian. Para peserta diajarkan cara memilih Body Harness yang tepat, memasang dan menggunakannya dengan benar, serta melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan kondisinya selalu prima.

Salah satu peserta, Martinus Yobe, mengungkapkan rasa antusiasmenya dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti pelatihan ini. “Untuk materi hari ini saya sudah mengerti, yang dimana kami yang bekerja di Water Treatment Plan juga harus mengetahui safety K3,” ujarnya. “Dan saya berterima kasih kepada Bapak Maximus karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti Training di Somatua Training Center.”

Pelatihan di Somatua Training Center ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para karyawan Water Treatment Plant dalam hal K3 dan bekerja di ketinggian. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang baru mereka peroleh, diharapkan para pekerja dapat bekerja dengan lebih aman dan efisien, sehingga berkontribusi pada peningkatan kinerja dan produktivitas perusahaan.(STC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories