Siswa training jurusan operator excavator di Somatua Training Center, Intake 16, memasuki minggu kedua dengan fokus pada Pemeliharaan dan Pemeriksaan Harian (P2H) alat excavator di area kerja belakang Perumahan Pemda Jalan Sp 2 Timika pada hari Rabu 13/3/2024.

P2H merupakan tanggung jawab penting bagi operator alat berat untuk memastikan kondisi alat sebelum dioperasikan. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan kelancaran pekerjaan.

Yohanes, instruktur Operator Excavator, menjelaskan bahwa siswa telah menerima beberapa tahapan training, seperti:

  • Pengenalan teori mengenai komponen-komponen alat berat dan fungsi kontrol pada excavator.
  • Praktek mengoperasikan excavator, termasuk cara menggerakan Boom naik turun, Arm panjang dan pendek, serta Loading dump Truck.

“Siswa sudah mengerti dan memahami teori. Namun, untuk penggunaan alat masih perlu perbaikan karena mereka masih kaku dalam menggerakannya, contoh Bucket dan Arm masih kasar penggunaannya,” ungkap Yohanes.

Yohanes menekankan pentingnya P2H bagi operator alat berat. “Sebelum alat dioperasikan, operator harus melakukan checklist untuk mengecek kondisi alat. Ini untuk memastikan alat dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan,” tuturnya.

P2H meliputi beberapa hal, seperti:

  • Mengecek oli dan bahan bakar
  • Memeriksa tekanan hidrolik
  • Memastikan semua komponen alat berfungsi dengan baik
  • Melakukan pembersihan alat

Kelas training di Somatua Training Center dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa dalam mengoperasikan alat berat dengan aman dan efisien.

Dengan fokus pada P2H, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya menjaga kondisi alat dan mampu melakukan perawatan secara mandiri.

“Kami ingin memastikan bahwa siswa yang lulus dari training ini memiliki kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi operator alat berat yang handal dan profesional,” kata Yohanes.

Somatua Training Center berkomitmen untuk menghasilkan operator excavator yang handal dan siap kerja. Dengan pelatihan yang komprehensif dan instruktur berpengalaman, diharapkan para siswa dapat menguasai teori dan praktik pengoperasian excavator dengan baik.(STC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories