Somatua Training Center (STC) menyelenggarakan kelas orientasi bagi peserta Intake XVI pada hari kedua 23/2/2024, dengan fokus pada materi basic safety K3. Kelas ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang keselamatan kerja di sektor industri pertambangan dan non-pertambangan sebelum memulai kelas praktek.

Materi basic safety K3 disampaikan langsung oleh instruktur profesional, Pak Subana, yang memiliki pengalaman luas di bidang keselamatan kerja. Subana Simamora memaparkan berbagai materi penting, seperti:

  • Pengenalan K3: Pengertian, tujuan, dan manfaat K3 di lingkungan kerja.
  • Identifikasi dan Penilaian Risiko: Cara mengidentifikasi dan menilai potensi bahaya di tempat kerja.
  • Pengendalian Risiko: Upaya-upaya untuk mengendalikan dan meminimalkan risiko kecelakaan kerja.
  • Alat Pelindung Diri (APD): Jenis-jenis APD dan penggunaannya yang tepat.
  • Prosedur Kedaruratan: Pengetahuan tentang prosedur evakuasi dan tindakan darurat dalam situasi berbahaya.

Subana Simamora selaku instruktur Somatua Training Center, mengatakan bahwa kelas orientasi ini merupakan bagian penting dari program pelatihan di STC. “Kami ingin memastikan bahwa para peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang keselamatan kerja sebelum mereka memasuki dunia industri,” tuturnya.

Salah satu peserta Intake XVI, mengungkapkan bahwa materi basic safety K3 sangat bermanfaat baginya. “Saya belajar banyak tentang bagaimana menjaga keselamatan diri di tempat kerja. Materi ini sangat penting dan akan saya terapkan dalam pekerjaan saya nanti,” ungkapnya.

Kelas orientasi Intake XVI di Somatua Training Center merupakan langkah awal yang penting untuk mempersiapkan para pemuda Papua agar dapat bekerja dengan aman dan profesional di berbagai sektor industri.

Somatua Training Center (STC) adalah lembaga pelatihan yang didirikan oleh Yayasan Somatua dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi pemuda Papua di bidang pertambangan dan non-pertambangan. STC menyediakan berbagai program pelatihan yang berkualitas dan terakreditasi, dengan instruktur profesional dan berpengalaman.(TimYS)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories