Sebanyak 6 orang peserta dari Kabupaten Intan Jaya, Papua, melanjutkan training di kelas kontruksi kayu. Dimana materi yang diterima adalah pembuatan dan pemasangan kusen pintu di Somatua Training Center, Timika, pada hari ini Kamis (16/11/2023) . Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh Yayasan Somatua.

Para peserta berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari petani, pemuda, dan bapak-bapak. Mereka tertarik mengikuti training ini karena ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat dan memasang kusen pintu.

Dalam training ini, para peserta diajarkan berbagai hal, mulai dari pemilihan bahan, pembuatan pola, hingga pemasangan kusen pintu dan jendela. Mereka juga dilatih untuk menggunakan berbagai alat dan mesin yang dibutuhkan untuk membuat kusen pintu dan jendela.

Menurut salah satu peserta, training ini sangat bermanfaat baginya. Ia mengaku sebelumnya tidak memiliki keterampilan dalam membuat dan memasang kusen pintu. Namun, setelah mengikuti training ini, ia kini dapat membuat dan memasang kusen pintu dengan baik.

“Saya sangat senang bisa mengikuti training ini. Saya sekarang sudah bisa membuat dan memasang kusen pintu sendiri. Saya juga bisa membuka usaha pembuatan dan pemasangan kusen pintu,” ujar salah satu peserta training tersebut.

Peserta lainnya juga mengaku puas dengan training ini. Ia mengatakan bahwa materi yang diberikan sangat lengkap dan mudah dipahami. Ia juga merasa senang karena dapat bertukar pikiran dengan peserta lain dan instruktur yang berpengalaman di Somatua Training Center.

“Hari ini saya ajarkan cara pembuatan pintu dan jendela agar pengukurannya itu tidak salah, sehingga pintu maupun jendela bisa pas dengan ukuran kusen pintu yang telah kita buat di hari sebelumnya.”  Tutup Abraham Marandof instruktur kontruksi kayu.

Somatua Training Center berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan para peserta dan mendorong mereka untuk membangun daerahnya sendiri setelah menyelesaikan training. Somatua Training Center juga berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Papua.(TimSTC)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories