Somatua Training Center (STC) kembali menjalin kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika untuk menggelar pelatihan safety atau K3 selama sehari yang berlangsung pada Jumat (29/9/2023). Sebelumnya kedua pihak juga bekerja sama dalam program pelatihan selama sebulan untuk peserta training operator excavator dan tenaga konstruksi kayu yang berjumlah 51 orang. Pelatihan tersebut telah selesai digelar dan penyerahan sertifikat telah dilakukan pada Sabtu (16/9/2023) lalu.

Disnakertrans Kabupaten Mimika hari  ini kembali mempercayakan Somatua Training Center sebagai penyelenggara pelatihan khusus untuk program K3 atau safety. Peserta pelatihan terdiri atas staf Somatua Training Center, PT Mpaigelah (divisi safety) dan staf Yayasan Somatua yang berjumlah delapan orang. Sementara itu, peserta dari Disnakertrans sendiri berjumlah enam orang. Instruktur yang menyajikan  materi pada hari ini adalah Subhana Simaamora, instruktur safety Somatua Training Center berlisensi dan berpengalaman yang juga mantan safety officer PT Freeport Indonesia.

Materi yang diberikan mencakup konsep-konsep dasar K3 dan pengetahuan praktis yang berhubungan dengan penanganan bahaya di tempat kerja atau risiko sehari-hari. Detail yang disampaikan cukup banyak dan praktis, terutama terkait risiko kebakaran berdasarkan jenis api dan cara penanganannya serta risiko dan prosedur penangannya pada tempat kerja yang sempit.

Para peserta merasa materi yang diberikan sangat bermanfaat, namun juga merasa waktu yang disediakan masih kurang. “Kami dari Disnaker juga merasa sangat bersyukur mendapatkan materi pelatihan seperti ini karena ada banyak hal praktis dan berguna terkait safety yang masih baru bagi kami,” terang Victor Hindom, S.Sos, Kepala Seksi Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Mimika yang hadir bersama beberapa stafnya pada kesempatan ini.

Pihak Somatua Training Center mengharapkan ada kerja sama lanjutan untuk menambah pengetahuan safety bagi para peserta pelatihan. Pada Sabtu (30/9/2023) pelatihan ini akan dilanjutkan dengan praktek memadamkan api dengan menggunakan APAR. Pagi ini di halaman belakang Somatua Training Center instruktur telah menyiapkan alat prakterk APAR untuk melatih skill peserta dalam mengantisipasi penanganan utama jika ada kebakaran di tempat kerja.(Tim)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories