Setelah menjalani program pelatihan selama satu bulan di Somatua Training Center, siswa training rekrutan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dengan biaya dari dana Otonomi Khusus. Sebagaimana diketahui, dalam program pelatihan ini Disnakertrans Kabupaten Mimika merekrut Orang Asli Papua (OAP) dan Lahir Besar Timika (Labeti) sebagai peserta. Disnakertrans mempercayakan 51 peserta training untuk menimba ilmu di Somatua Training Center dengan mengambil keahlian operator excavator dan pertukangan kayu atau carpenter pada Agustus 2023 lalu.

Kali ini Disnaskertrans melaksanakan kegiatan penutupan dana otsus anggaran 2023 dalam Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Bagi Pencari Kerja Orang asli Papua (OAP) Lahir Besar Timika (LABETI) Di Kabupaten Mimika. Pembinaan kemandirian berupa pelatihan sertifikasi kompetensi bagi Orang asli Papua (OAP) dan yang lahir besar Timika, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi hari ini di Gedung Tongkonan Jalan Samratulangi 28/10/2023. Kegiatan penutupan ini diikuti oleh Kadis Disnakertrans kab. Mimika , Bapperida Papua Tengah, Asisten 3 Bupati dan Perwakilan Bank Papua.

Adapun rangkaian acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Pendeta Warikar. Diteruskan dengan Fashion Show dari peserta pelatihan ketrampilan Salon dan Makeup yang menampilkan hasil selama mengikuti pelatihan kerja.

Selanjutnya diisi dengan sambutan dari Kadis Dinaskertrans Paulus Yanengga, SH.,M.Si, Bapperida Jull Edi Way, S.sos dilanjutkan oleh Asisten 3 Bupati sekaligus menutup kegiatan penerapan dana otsus tahun anggaran 2023 dalam Pelatihan Sertifikasi Kompetensi bagi Orang asli Papua dan Lahir Besar Timika.

“Saya selaku Kepala Operasional Somatua Training Center sangat berterimakasih sudah mempercayakan Somatua Training Center sebagai tempat training bagi saudara-saudari dalam mempelajari pelatihan operator excavator, pertukangan, dan mekanik. Selanjutnya kami akan terus berbenah untuk menjadi Balai Pelatihan Kerja terbaik bagi para peserta training selanjutnya.” Tutup Stenly Rahaded.

Rangkaian acara ditutup dengan pembagian rekening untuk setiap peserta training dari perwakilan Bank Papua dan cinderamata bagi peserta training terbaik. Kegiatan training untuk masyarakat OAP dan LABETI berakhir untuk tahun 2023, selanjutnya Somatua Training Center berharap akan menjalin kerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Mimika untuk tahun-tahun berikutnya.(TimSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories