Somatua Training Center (STC) merupakan salah satu wadah untuk menciptakan tenaga kerja terampil dan siap bersaing di dunia kerja yang berbasis di Timika. Kehadiran STC terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia Orang Asli Papua ( OAP ) khususnya Tujuh Suku.
Pada akhir bulan ini STC ditunjuk oleh Disnakertrans Kabupaten Mimika sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pelatihan kerja untuk OAP dan calon peserta yang lahir besar di Timika (Labeti) yang didanai Disnakertrans. Perwakilan STC turut menghadiri launching kegiatan ini yang berlangsung di Hotel Horison Diana, Jl. Budi Utomo Timika pada Selasa (25/7) pagi.

STC mendapatkan bagian memberikan pelatihan kepada 51 peserta yang terbagi dalam dua jurusan. Dari total 51 peserta, 40 orang mengikuti pelatihan operator alat berat (excavator) dan 11 orang lainnya mengikuti training konstruksi kayu. Pelatihan ini akan berlangsung selama sebulan.

Untuk memastikan kesiapan STC menyelenggarakan pelatihan ini, selepas kegiatan pembukaan di Horison Diana pihak Pemda mengunjungi STC pada Selasa sore. Kunjungan ini dilakukan di gedung utama STC di Jl. Cendrawasih dan lokasi praktek di belakang Perumahan Pemda SP 2.

Jull Eddy Way, S.Sos Kasub Bidang Pemerintahan dan Otsus Provinsi Papua Tengah bersama staf melakukan kunjungan ke STC guna mengecek finalisasi kesiapan sarana prasarana pelatihan. Dalam kunjungan ini rombongan didampingi dan diberikan pemaparan oleh kepala operasional STC, Stenly Rahaded. Pemerintah berharap STC dapat menjadi agen reguler pelaksanaan pelatihan dengan biaya dari dana Otsus ini.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories