STC memiliki program kelas pelatihan K3 dengan standar Nasional yang mana pelatihan ini sangat diperlukan untuk setiap tempat kerja baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Pada aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap gedung guna mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan aset gedung. Dibutuhkan awareness dan ketrampilan pada diri para pekerja serta pelibatan para pekerja sehingga ancaman bahaya kebakaran dapat dikenali, diantisipasi dan ditanggulangi sedini mungkin.

STC menyelenggarakan pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau fire extinguisher. APAR merupakan alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.  APAR umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api bertekanan tinggi.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang penggunaan APAR. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi dasar tentang api, kebakaran, jenis dan tipe APAR, serta cara menggunakan APAR mulai dari penyimpanan, cara membawa sampai cara memadamkan api dengan APAR. Selanjutnya, pada sesi kedua, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikan langsung cara penggunaan APAR berdasarkan teori yang telah diberikan sebelumnya pada sesi pertama.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta yang mengikuti kelas K3 serta dari seluruh staf Somatua Training Center, unit Safety dan security ini mampu menerapkan aspek K3 khususnya dalam penggunaan APAR. (TimSTC)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories