Timika, Rabu (30/11/2022) Wapres Ma’ruf Amin telah meresmikan Somatua Training Center menjadi pusat Balai Pelatihan Kerja di Provinsi baru Papua Tengah. Penandatanganan prasasti peresmian STC yang dilakukan di Rimba Papua Hotel hari ini berjalan lancar tanpa ada kendala satupun.

Sebelum Wapres menandatangani prasasti peresmian, Maximus Tipagau selaku pendiri Yayasan Somatua memberikan penjelasan mengenai sejarah perjalanan yayasan yang berkarya di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi ini sejak tahun 2008 hingga saat ini. Dalam kiprahnya, Yayasan Somatua telah banyak memberikan bukti karya dalam tiga sektor di atas untuk Papua.
Maximus juga menunjukkan produk UMKM binaan Yayasan Somatua seperti kopi arabika Papua, berbagai makanan ringan hasil bumi Papua dan karya-karya cantik berupa noken yang dihasilkan oleh tangan kreatif mama-mama Papua, dan ukiran asli Kamoro yang terkenal. Maximus melanjutkan penjelasan kepada Wapres mengenai hasil olahan tailing dari sirsat limbah PTFI yang masih bermanfaat serta memiliki nilai ekonomi untuk pembangunan rumah, jembatan, dan jalan. Ia menegaskan bahwa bahan dari tailings ini tidak berbahaya karena telah diuji coba secara ilmiah di ITB Bogor. Pada kesempatan terakhir, Maximus memberikan penjelasan mengenai proyek Master Plan UMKM Center di lahan seluas 21 hektar yang dimiliki oleh Yayasan Somatua yang akan digunakan untuk pembangunan pusat UMKM Timika dan Papua secara umum.

Meski hanya lewat siaran virtual live streaming dari RPH, peserta training di STC dan mama-mama di stand UMKM berkesempatan berdialog dengan Wapres.

“Apa harapan yang diinginkan oleh adik-adik Somatua Training Center?” demikian pertanyaan langsung yang dilontarkan oleh Wapres. Salah satu siswa menjawab, “semoga Somatua Training Center semakin maju lewat dukungan dari Pak Wapres.” Selanjutnya Wapres juga menyapa para peserta UMKM “Mama-mama apa kabar?” seraya mama-mama melambaikan tangan ke arah kamera.

Maximus Tipagau berharap kepada Wakil Presiden RI beserta jajaran Pemda yang hadir untuk mendukung program-program Yayasan Somatua serta Somatua Training Center.

“Terimakasih Bapak Ma’ruf Amin telah meluangkan waktu untuk kami Yayasan Somatua dan Somatua Training Center,” tutup Maximus Tipagau.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories