Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin meresmikan Somatua Training Center menjadi pusat Balai Latihan Kerja di Provinsi Papua Tengah pada Rabu kemarin (30/11/2022) dengan menandatangani prasasti yang mengambil tempat di Rimba Papua Hotel Timika. Peresmian tersebut disiarkan secara virtual dan disaksikan para peserta training dan tamu undangan di gedung STC, Jl. Cndrawasih KM 3,5 Timika.

Peresmian tersebut mendapat sambutan sangat baik dari pemerintah dan masyarakat. Somatua Training Center tak hanya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, namun juga dari instansi-instansi swasta dan masyarakat Papua. Hal ini terlihat dengan ucapan selamat dari berbagai pihak dan tamu undangan yang hadir dan menyaksikan peresmian melalui siaran livestreaming di gedung Somatua Training Center. Ucapan selamat kepada Somatua Training Center disampaikan baik melalui karangan bunga, ucapan langsung kepada pimpinan, dan melalui media social.
Salah satu ucapan selamat atas peresmian ini datang dari Samuel Tabuni, pendiri International University of Papua (IUP) dan Yayasan Maga Edukasi Papua (YMEP). Diketahui beliau juga sama berkecimpung di dunia pendidikan yang memiliki visi misi yang sama yakni ingin memajukan SDM generasi muda Papua.

“Selamat dan sukses Pak Maximus Tipagau, putra pemilik negeri kaya. Putra asal kampung Ugimba di balik gunung Mpaigelah (Grasberg). Kampung yang terbatas dari semua akses terutama pendidikan. Beliau sejak kecilnya berjuang melawan stigma negatif terhadap kaum sukunya di sekitarnya dengan gigih dan tidak menyerah. Perjuangan panjang yang menyakitkan dan penuh tantangan, kata-katanya selau bersemangat, bekerja keras setiap harinya. Saya bangga dan terharu melihat Wakil President resmikan usahanya menjadi salah satu BLK yg diakui secara nasional. Alegame sonowi. Maju terus dan tetap membanggakan Tanah Papua,” tulis Samuel Tabuni dalam pesannya kepada pimpinan Somatua Training Center.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories