Meningkatkan kualitas SDM Papua yang berdaya saing global merupakan misi dari Somatua Training Center (STC). Kehadiran STC di Timika bertujuan memperbaiki mutu SDM Papua. Oleh karena itulah STC mengundang generasi muda yang berasal dari beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di seputar kota Mimika untuk bergabung dalam Seminar dan Workshop yang bertajuk “Meningkatkan Kualitas SDM Papua yang Berdaya Saing Global”. 

“Terima kasih kepada adik-adik yang datang dari berbagai kalangan dan sekolah menengah kejuruan, yang telah mengikuti kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari yakni 29-30 November 2022. Somatua Training Center hadir untuk memberikan terang kepada masyarakat Papua, terutama generasi muda. Oleh karena itu, tempat ini dibentuk untuk menciptakan tenaga kerja handal secara khusus pada bidang pertambangan dan industri lain,” ungkap Maximus Tipagau di hadapan peserta workshop dalam kata sambutannya sebagai pimpinan Yayasan Somatua.

Peserta seminar dan workshop ini berjumlah tujuh puluh orang yang berasal dari enam SMK di kota Timika dan sekitarnya serta pemuda dari Kelurahan Kamoro Jaya. Mereka antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut. Materi yang disajikan berupa potensi bonus demografi Papua yang dapat melahirkan SDM berdaya saing global, tantangan dunia kerja pada era digital, dan pengenalan STC secara umum dan 14 program pelatihan yang dibuka di STC. Sebagian besar waktu dialokasikan untuk aktivitas praktek dengan bimbingan para instruktur STC. 

STC akan menjadikan program ini sebagai agenda rutin yang diselenggarakan secara berkala. Selain membuka kelas regular, kegiatan seminar dan workshop diharapkan dapat memfasilitasi generasi muda Papua untuk belajar secara singkat dan menambah pengetahuan dan wawasan terkait dunia kerja, terutama dalam industri pertambangan.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Categories